Tugas Teknologi Informasi

TEMA : PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DI DUNIA JURNALISTIK

Pengaruh Perkembangan Teknologi Komunikasi Terhadap Dunia Jurnalistik


Jurnaslisme ikut dipengaruhi oleh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang seolah tak pernah berhenti. Bahkan, jurnalisme itu sendiri sebenarnya selalu dibentuk oleh teknologi. Kecanggihan yang ditimbulkan oleh teknologi masa kini telah merubah berbagai aspek kehidupan.
Dalam bidang jurnalistik, teknologi yang merubah mengubah cara kerja para jurnalis. Dengan kecanggihan teknologi yang bergelimpangan pada saat ini memberikan kemudahan kepada para jurnalis dalam menyiarkan kepada khalayak umum.
Para era ini semua orang bisa menjadi jurnalis tanpa memandang latar belakang orang tersebut. Setiap orang berhak memberikan informasi kepada khalayak, dengan begitu kejadian yang terjadi sangat mungkin diketahui dengan cepat oleh khalayak yang tidak ada ditempat tersebut. Namun tidak jarang para citizen jurnalisme yang menyebarkan informasi tanpa menggunakan akidah kejurnalistikan. Mereka yang dapat beradaptasi dengan teknologi modern dan yang tetap memegang kaidah jurnalisme dalam dunia jurnalisme.
Dalam sepuluh tahun, media-media terus berganti, dari media konvensional menjadi digital. Daro koran menjadi radio, lalu menjaadi TV, komputer dan seterusnya. Berita dalam media online berkembang sangat pesat, tidak saja dalam bentuk teks tapi juga dalam bentuk multimedia, yaitu menggabungkan teks, audio dan video yang bisa diakses kapan pun dan dimana pun manusia berada. Sehingga menurut fildler ( 1997 ) multimedia sering disebutnya sebagai mixed media.
Sementara itu, media konvensional yang melakukan sinergi dengan internet mampu meningkat value added dan brand yang semakin luas dan semakin kuat. Dengan adanya versi online dari berbagai jurnalisme konvensional, persaingan bukan lagi mengutamakan masalah keunggulan media yang digunakan, melainkan cara mengemas berita dan teknik dalam menyampaikan berita atau informasi kepada khalayak.
Dalam kaitan antara jurnalisme dan internet, ada dua sisi positive dan sisi negative. Sisi positive dari pengunaan internet dalam jurnalisme adalah berita atau informasi yang disampaikan bisa begitu cepat disiarkan dalam masyarakat, karena hampir semua masyarakat menggunakan internet sebagai tempat mencari informasi. Internet juga mampu memberikan kecepatan informasi dan bebas biaya, membuat akses untuk mencari informasi. Sehingga tidak menutup kemungkinan bahwa peningkatan pengaksesan informasi melalui internet akan terjadi.
Sisi negative dari jurnalisme online ialah berita yang diunduk kedalam internet kesempatan untuk di duplikasi oleh pihak lain sangatlah mungkin. Duplikasi informasi dari situs aslinya dipindahkan ke situs lain ialah salah satu plagiarism, dan membuat informasi yang ditampilkan bisa diragukan kebenarannya. Media konvensional dituntut untuk berkonvergensi dengan media baru agar dapat memuaskan pelanggan atau masyarakat. Contoh media konvensional berkonvergensi yaitu salah satu perusahaan Koran Cetak, Kompas, sudah membuat media online yang bisa diakses dimanapun dan kapanpun.
Kemajuan teknologi komunikasi seperti yang dijelaskan diatas membuat dunia jurnalistik maju pesat. Dapat kita lihat dari banyaknya karya jurnalistik yang beredar seperti diradio, televisi dan kini merambah dunia online.
Akan tetapi kemajuan ini ternyata berdampak pula pada cara penulisan karya jurnalistik. Hampir tiap hari juduk-judul yang menggunakan kata penunjuk “ini” atau “inilah” berserakan di jagat maya. Jadi ingat masa sekolah SD kan : ini budi, ini ibu budi, ini bapak budi. Sekarang jadi beginilah : inilah komentar..., ini dia jawaban..., ini reaksi..., dan sejenisnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini